Home » » Cara mencegah konstipasi atau susah BAB

Cara mencegah konstipasi atau susah BAB

Written By Cara Mengobati on Rabu, 26 April 2017 | 23.27.00

Cara mencegah konstipasi atau susah BAB - Apa yang bisa saya lakukan untuk mempermudah dan mencegah sembelit? Langkah-langkah ini sering dikelompokkan bersama dan disebut nasehat gaya hidup.



Konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat. Serat (roughage) merupakan bagian dari makanan nabati yang tidak dicerna. Ini tetap berada di usus Anda dan dilewatkan dalam kotoran (kotoran). Serat menambahkan curah dan beberapa kelembutan pada tinja. Makanan berserat tinggi meliputi:

Cara mencegah konstipasi atau susah BAB


  • Roti gandum utuh, roti gandum, biskuit dan tepung.
  • Buah dan sayur-sayuran. Usahakan makan setidaknya lima porsi dari berbagai buah dan sayuran setiap harinya. Satu bagian adalah: satu buah besar seperti apel, pir, pisang, jeruk, atau sepotong besar melon atau nanas; ATAU dua buah lebih kecil seperti plum, satsumas, dll; ATAU satu cangkir buah kecil seperti anggur, stroberi, raspberry, ceri, dll; ATAU satu sendok makan buah kering; ATAU bagian normal dari sayuran apapun (sekitar dua sendok makan); ATAU satu mangkuk dessert dari salad.
  • Sereal sarapan Wholegrain. Hal yang sederhana seperti mengganti sereal sarapan biasa bisa membuat perbedaan besar dengan jumlah serat yang Anda makan setiap hari.
  • Beras merah, dan spaghetti gandum dan pasta gandum lainnya.

Meskipun efek dari diet serat tinggi dapat terlihat dalam beberapa hari, mungkin dibutuhkan waktu selama empat minggu. Anda mungkin menemukan bahwa jika Anda makan lebih banyak serat (atau minum suplemen serat - lihat di bawah), Anda mungkin mengalami kembung dan angin pada awalnya. Ini sering sementara. Sebagai usus Anda menjadi terbiasa dengan serat ekstra, kembung atau angin cenderung menetap selama beberapa minggu. Karena itu, jika Anda tidak terbiasa dengan makanan berserat tinggi, yang terbaik adalah meningkatkan jumlah serat secara bertahap.

Catatan: Banyak minum saat Anda makan makanan berserat tinggi atau suplemen serat. Minum setidaknya dua liter (sekitar 8-10 gelas) per hari. Hal ini untuk mencegah penyumbatan usus, yang merupakan komplikasi langka makan banyak serat tanpa cairan yang cukup. Lihat di bawah bagian 'Obat pencahar berbentuk massal' untuk penjelasan.

Cara mencegah konstipasi atau susah BAB


Punya banyak minum
Usahakan minum setidaknya dua liter (sekitar 8-10 gelas) cairan per hari. Anda akan melewatkan banyak cairan seperti air kencing tapi ada beberapa yang pingsan di usus dan melembutkan kotoran. Sebagian besar jenis minuman akan dilakukan tapi minuman beralkohol dapat menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) dan mungkin tidak begitu baik. Sebagai permulaan, usahakan hanya minum segelas air 3-4 kali sehari disamping yang biasa Anda minum.

Sorbitol
Sorbitol adalah gula alami. Hal ini tidak dicerna dengan baik dan menarik air ke dalam usus, yang memiliki efek melembutkan kotoran. Akibatnya, ia bertindak seperti pencahar osmotik alami (obat pencahar osmotik dijelaskan kemudian). Jadi, Anda mungkin ingin memasukkan beberapa makanan yang mengandung sorbitol dalam makanan Anda. Buah-buahan (dan jusnya) yang memiliki kandungan sorbitol tinggi meliputi apel, aprikot, gooseberry, anggur (dan kismis), buah persik, pir, plum, plum, raspberry dan stroberi. Konsentrasi sorbitol sekitar 5-10 kali lebih tinggi pada buah kering. Buah kering atau semi kering membuat makanan ringan yang enak dan mudah dikemas untuk transportasi - misalnya, dalam makan siang yang dikemas.

Berolahraga secara teratur, jika memungkinkan
Menjaga tubuh tetap aktif membantu menjaga usus tetap bergerak. Telah diketahui dengan baik bahwa orang-orang cacat, dan orang-orang yang terikat tidur (walaupun hanya sementara sementara dirawat di rumah sakit) cenderung mengalami konstipasi.

Rutinitas makan
Jangan abaikan perasaan membutuhkan toilet. Beberapa orang menekan perasaan ini jika mereka sibuk. Hal itu bisa menghasilkan backlog tinja yang sulit dilewati nanti. Saat Anda pergi ke toilet, seharusnya tidak tergesa-gesa, dengan cukup waktu untuk memastikan Anda bisa mengosongkan usus Anda.

Ketika mobilitas terbatas - misalnya, pada orang-orang yang lemah atau yang menderita demensia - penting bagi perawat untuk melihat bahwa mereka memiliki cukup bantuan untuk sampai ke toilet pada saat mereka harus pergi; Juga, mereka memiliki rutinitas toilet yang teratur dan tidak tergesa-gesa, dengan privasi. Sebagai aturan, yang terbaik adalah mencoba pergi ke toilet terlebih dahulu di pagi hari atau sekitar 30 menit setelah makan. Ini karena gerakan (propulsi) tinja melalui usus bawah paling besar di pagi hari dan setelah makan (karena refleks gastrosolik).

Posisi di toilet juga penting, terutama bagi lansia dengan sembelit. Toilet bergaya barat benar-benar membuat hal-hal menjadi lebih sulit - jongkok mungkin adalah posisi terbaik untuk melewati bangku. Menempatkan tumpuan kaki kecil di bawah kaki Anda adalah cara sederhana untuk mengganti posisi toilet Anda untuk membantu bagian dari tinja. Tenang, bersandar ke depan dan istirahatkan siku di paha. Anda seharusnya tidak menahan dan menahan napas untuk buang air besar.

Cara mencegah konstipasi atau susah BAB


Baca juga : Obat susah BAB
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat