Home » » Tips Pencegahan Batu Ginjal Pasca Operasi

Tips Pencegahan Batu Ginjal Pasca Operasi

Written By Ina Navia on Selasa, 02 Februari 2016 | 14.24.00

Tips Pencegahan Batu Ginjal Pasca Operasi -, Operasi merupakan salah satu pengobatan yang umum dilakukan untuk menghilangkan batu ginjal. Untuk menghilangkan batu ginjal dengan operasi, penderita tidak begitu saja dapat melakukan operasi karena terdapat prosedur yang harus diikuti dimana penderita haru benar-benar dalam keadaan sehat dengan melakukan beberapa pemeriksaan labotatorium ketika akan dilakukan pengambilan batu. Pemeriksaan ini mencapkup diagnosis ginjal lengkap, tes darah, tes urin, tes kalsium, analisis batu untuk mengetahui jenis batu, dsb.

Begitupun pasca operasi, diperlukan perawatan dan pencegahan agar batu ginjal tidak datang kembali. Perawatan dan pencegahan batu ginjal pasca operasi sebenarnya sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Karena kesadaran dari diri Anda sendirilah yang menjadi faktor utama untuk memulihkan kondisi seperti semula.

Untuk mencegah datangnya batu ginjal kembali diperlukan peruabahan gaya hidup yang lebih baik yang mungkin sebelumnya adalah buruh sehingga menyebabkan timbulnya penyakti batu ginjal. Gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko batu ginjal, antara lain:  

Banyak Minum Putih

Bagi orang dewasa yang pernah memiliki batu ginjal, hal pertama yang biasanya direkomendasikan ialah minum air putih sekitar 2,5 liter per hari. Jika ia tinggal di iklim panas dan kering atau sering olahraga dan berkeringat banyak, maka dianjurkan minum lebih banyak lagi. Mengapa demikian diperlukannya konsumsi air putih? Karena pada dasarnya batu ginjal terjadi akibat kekurangan cairan di dalam tubuh sehingga tidak cukup cairan untuk melakukan proses metabolisme dancairan urin menjadi berkurang, dimana ketika tubuh tak cukup air untuk mencerna asam urat (komponen urin), maka tingkat pH dalam ginjal akan menurun dan lebih asam. Dengan kondisi seperti inilah memungkinkan lingkungan dalamginja menjadi sangat kondusif terhadapt pembentukan batu ginjal.

Lantas bagaimana cara mengetahui bahwa cairan tubuh sudah tercukupi? Caranya cukup sederhana, yakni lihatlah urin Anda, jika urin berwarna jernih dan banyak maka cairan sudah cukup. Sebaliknya jika terlalu jarang buang air kecil dari biasanya dan urin berwarna pekat kuning-kecoklatan maka berarti Anda kurang cairan. 

Kurangi Makanan Kaya Oksalat

Jiika Anda pernah dan cendrung mengalami batu kalsium oksalat, maka Anda harus membatasi konsumsi makanan yang kaya oksalat. Contoh makan yang mengandung tinggi oksalat termasuk bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, coklat dan produk kedelai.  

Diet rendah garam dan protein hewani

Mengurangi jumlah garam pada makanan dan memilih sumber protein non-hewani, seperti kacang-kacangan. 

Batasi konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi

Kalsium yang terdapat dalam makanan memang sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang Anda, tetapi bagi Anda yang memiliki risiko maupun riwayat penyakit batu ginjal harus berhati-hari. Sebab Kalsium dalam makanan tidak memiliki efek pada risiko batu ginjal. Karena kadar kalsium yang terlalu tinggi dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine sehingga limbahnya akan sulit untuk dibuang dan kemudian mendorong terbentuknya batu ginjal. Asupan kalsium yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal jangan sampai melebihi 800 mg per harinya. 

Obat-obatan untuk mencegah batu ginjal

Obat-obatan tertentu yang dikhususkan untuk menangani ginjal diperlukan untuk dapat mengontrol jumlah mineral dan asam dalam urin dan dapat membantu mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Jenis obat yang aman untuk digunakan sebagai terapi pencegahan dan perawatan batu ginjal haruslah berasal dari bahanherbal, kenapa harus herbal? Karena bahan herbal cenderung lebih sedikit untuk menimbulkan efek samping bahkan bisa dikatakan tidak ada efek samping sama sekali.

Obat herbal untuk perawatan batu ginjal kami rekomendasikan dengan mengkonsusmsi "Kidney Care Capsule For Man (Khusus Untuk Pria)". Terbuat dari bahan-bahan alami, telah teruji secara klinis dan sudah mendapatkan izin edar dari BPOM RI sehingga keamanan dan kualitas produknya terjamin.  
Untuk informasi Kidney Care Capsule For Man (Untuk Pria) selengkapnya silahkan klik  >> Kidney Care Capsule For Man
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

5 Februari 2016 01.17

wah setuju sekali tuh, apabila kena batu ginjal hindari konsumsi kayak oksalat. karena itu bisa jadi salah satu asbab penyebab sakit ginjal. Oleh karena itu bagi agan-agan jangan terlalu banyak makan2 kayak gitu yah hehe.. eh dimana ya yang suka jualan obat herbal, seperti katak ovary nutrition capsule gitu.? saya cari2 pingin yang murah dan mudah pesannya hehe.. :D

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat