Home » » Ini dia manfaat haid bagi para wanita

Ini dia manfaat haid bagi para wanita

Written By Cara Mengobati on Jumat, 19 Mei 2017 | 19.36.00

Ini dia manfaat haid bagi para wanita - Ketika saya berbicara tentang manfaat dari haid kami, banyak wanita memutar mata mereka, beberapa tertawa dan yang lainnya menangis. Meskipun ada banyak hal yang tidak saya sukai dari haid saya, tidak semua hal tentang haid Anda negatif!

Ini dia manfaat haid bagi para wanita




Siklus menstruasi Anda adalah kunci untuk membantu Anda belajar, merencanakan, dan membuat pilihan tentang kesehatan, mood, olahraga Anda secara pribadi - dan tentu saja, kehidupan seks Anda.

Baca juga : Obat tradisional pelancar haid

Terlebih lagi, haid haid rutin memberitahu Anda bahwa 80% wanita mengalami ketidakseimbangan hormonal ketidakseimbangan. Jika tidak ditangani, hal itu dapat menyebabkan PMS memburuk, kelelahan dan penambahan berat badan, serta meningkatnya risiko masalah kesehatan yang lebih serius. Dalam kehilangan tanda-tanda awal ketidakseimbangan hormon, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk menemukan kelegaan.

Mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan terpenting dari haid Anda:
  • Ketahuilah kapan hormon Anda masuk atau keluar dari keseimbangan
  • Pelajari tentang tulang, tiroid, dan kesehatan metabolik Anda
  • Kenali hari terbaik Anda untuk gairah dan kenikmatan seksual
  • Memanfaatkan energi yang meningkat untuk olahraga dan kebugaran
  • Menginformasikan keputusan kesehatan Anda
  • Ciptakan kesehatan emosional

Bagi Anda masing-masing, siklus menstruasi Anda unik bagi Anda. Saya mendorong Anda untuk melihat lebih dekat manfaat yang saya jelaskan di bawah ini, untuk menentukan bagaimana siklus Anda mempengaruhi Anda di setiap area. Ingat, jika Anda mengonsumsi pil KB, siklus Anda diatur oleh pil, bukan hormon alami, jadi Anda tidak akan merasakan manfaat ini.

Apa itu haid biasa? Biasa vs Tidak Beraturan
Kita sering mendengar bahwa siklus "reguler" adalah 28 hari, dan banyak wanita seperti jarum jam dengan cara ini. Tapi siklus yang berlangsung antara 21-36 hari, jika Anda teratur, juga normal bagi banyak wanita.

Apa yang bisa kamu lakukan dengan haid yang tidak beraturan?
Jika Anda menderita asma tidak teratur atau PMS, tubuh Anda mengatakan bahwa tubuh Anda mungkin tidak seimbang sepenuhnya. Ini adalah kesempatan untuk mengembalikan keseimbangan diri Anda, sehingga Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari siklus menstruasi yang teratur.

Haid kami menyediakan "update bulanan" tentang kesehatan hormonal, reproduksi, tiroid, metabolik, dan tulang. Pertama dan terutama, teratur menandakan bahwa tubuh Anda siap untuk hamil! Tapi selain reproduksi, ritme siklus haid Anda mencerminkan keseimbangan pada sistem dan fungsi lain.

Ini karena setiap bulan haid Anda adalah hasil dari percakapan terkoordinasi antara otak dan indung telur Anda. Hipotalamus dan kelenjar pituitari - juga berhubungan erat dengan kelenjar adrenal, tiroid, dan usus sepanjang jalur yang sama ini. Jadi ketika satu sistem terganggu, orang lain mungkin menderita. Haid wanita, atau haid tidak beraturan, terlibat dalam tubuh. Sebagai contoh:
  • Ketidakseimbangan hormonal. Haid yang teratur memberitahu Anda bahwa tubuh Anda berada di homeostasis, membuat tingkat hormon seks yang tepat untuk reproduksi. Bila hormon ini seimbang, Anda merasa hebat, energik, tidur nyenyak, dan menaruh perhatian pada seks. Bila Anda mengalami tekanan konstan, hormon Anda menjadi tidak seimbang, dan haid yang tidak teratur adalah salah satu cara pertama untuk meminta pertolongan.
  • Kesehatan tulang Keseimbangan alami antara hormon seks estrogen, progesteron, dan testosteron membantu memastikan haid sehat dan perputaran tulang yang sehat. Begitu juga keseimbangan antara hormon penting lainnya, termasuk insulin, tiroid, paratiroid, dan hormon stres. Sebenarnya, tulang Anda adalah endokrin, atau organ penghasil hormon. Jika keseimbangan terganggu, haid Anda mungkin menjadi tidak teratur - memberikan tiruan yang bermanfaat bahwa penumpukan tulang mungkin tidak sejalan dengan kerusakan tulang.
  • Fungsi tiroid Terletak di antara otak dan bagian tubuh lainnya, tiroid bertindak seperti "stasiun transfer," mengendalikan tingkat fungsi setiap sel dan kelenjar di tubuh, termasuk pertumbuhan, perbaikan, dan metabolisme. Bila tiroid Anda kurang aktif atau berfungsi rendah, ini bisa menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, depresi, kolesterol tinggi, dan gejala lainnya. Jika tiroid Anda sehat dan melakukan perannya, haid Anda cenderung lebih teratur.
  • Pemeliharaan berat badan yang sehat. Lemak, terutama jaringan adiposa di sekitar pinggang, juga berfungsi seperti organ endokrin, menciptakan estrogen (dan juga leptin, hormon yang membantu mengatur asupan energi dan pengeluaran, termasuk nafsu makan). Dominasi estrogen dan resistensi insulin adalah kedua jenis ketidakseimbangan hormon yang dikaitkan dengan berat badan ekstra dan penyimpangan menstruasi. Juga, kekurangan berat badan akibat diet ketat, overtraining, atau tekanan fisik atau emosional ekstrem lainnya, juga dapat menyebabkan penyimpangan menstruasi, termasuk amenore (kekurangan asma).
  • Fungsi adrenal. Ketika kita berada di bawah tekanan, terlepas dari sumbernya (bahaya, hubungan pribadi, pekerjaan, lingkungan), terjadi peningkatan aktivitas sepanjang sumbu antara otak dan kelenjar adrenal, untuk menghasilkan hormon stres seperti kortisol yang membantu kita merespons suatu ancaman. Kortisol secara tidak langsung mempengaruhi keseimbangan antara hormon seks termasuk estrogen, progesteron, dan DHEA. Akibatnya, banyak wanita akan kehilangan atau mengalami menstruasi yang tidak teratur atau menderita PMS saat mereka mengalami stres - yang dapat dikurangi dengan mendukung adrenalin kita.

Kenaikan dan penurunan hormon. Ketika kita melihat siklus "buku teks" 28 hari, kita menganggap hari pertama menstruasi sebagai "hari 1." Saya ingin Anda tahu bahwa haid yang tidak teratur itu biasa terjadi. Namun, kami menyarankan agar dokter kesehatan mengetahui adanya perubahan siklus menstruasi dan kesehatan Anda yang ditandai.Haid kami menyoroti "waktu terbaik bulan ini"

Waktu adalah segalanya - dan ini tentu saja benar dengan siklus haid individual kita saat kita mengalami tingkat hormon seks, estrogen, progesteron, dan testosteron utama yang berfluktuasi, serta "di belakang layar" pemain FSH, LH, dan GnRH.

Masing-masing siklus kita unik, begitu juga efeknya pada emosi dan tingkat energi kita. Dengan menjadi "selaras" dengan siklus individu kita, kita dapat lebih mengetahui apa yang diharapkan dari diri kita pada hari-hari tertentu dan memprioritaskan bagaimana kita ingin menggunakan tingkat energi kita untuk hasil yang positif.

Atau, inilah cara lain untuk melihatnya: Jika Anda dapat mengidentifikasi hari libido tinggi kemungkinan Anda, bukankah Anda lebih suka bisa merencanakan kencan dengan pasangan Anda daripada perjalanan berkemah dengan pasukan Pramuka Putri Putri Anda?

Kenali hari terbaik untuk gairah dan kenikmatan seksual. Contoh yang saya berikan di atas pasti menunjukkan manfaat yang selaras dengan siklus Anda untuk mengenali "hari libido tinggi Anda"!

Ini adalah hari-hari ketika tingkat testosteron Anda berada pada puncaknya. Banyak wanita menemukan peningkatan testosteron ini secara positif mempengaruhi hasrat seksual dan kenikmatan mereka. Alam bekerja dengan tujuan yang jelas - ini juga beberapa hari sebelum Anda melepaskan telur! Anda bisa menggunakan waktu ini jika Anda ingin mempertimbangkan pilihan keluarga berencana atau kontrasepsi alami.

Ini dia manfaat haid bagi para wanita

Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat