Home » » 6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih

6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih

Written By Cara Mengobati on Selasa, 16 Mei 2017 | 23.07.00

6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih - Sebelum saya terus berbicara tentang turmeirc untuk ISK, mari kita pahami bot tentang penyakit itu sendiri. Apa yang kita sebut sebagai 'saluran kemih / sistem' terdiri dari empat bagian tubuh - ginjal, kandung kemih, ureter, uretra.

6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih





Singkatnya, ini adalah sistem pembuangan limbah cair tubuh kita. Ketika saluran kencing terinfeksi dengan jamur, virus atau bakteri, kita mengembangkan infeksi saluran kemih (ISK), dengan bakteri menjadi penyebab paling umum.

Baca juga : Obat infeksi saluran kencing

Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri yang ada di usus, seperti E. coli. Beberapa bakteri lain seperti, Chlamydia dan Mycoplasma dapat ditularkan secara seksual dan menyebabkan infeksi pada uretra atau organ reproduksi. Wanita lebih rentan terhadap ISK daripada mening ke alasan anatomis, karena mikroba dapat menjangkau saluran kemih wanita.

Gejala umum UTI sering mendesak untuk buang air kecil, sensasi terbakar di kandung kemih atau uretra saat buang air kecil, sedikit urin, sakit perut, demam, bau busuk dan warna gelap urin.

Sebagian besar waktu ISK tidak terlalu serius tapi jika infeksi ginjal sampai bisa merugikan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal, tekanan darah tinggi dll dan terkadang bahkan bisa mengancam jiwa.
  • Infeksi berulang pada sebagian besar kasus ISK.

Risiko ISK meningkat bila terjadi kelainan yang berhubungan dengan saluran kencing seperti batu ginjal, diabetes dan imunitas rendah. Penggunaan kontrol kelahiran tertentu juga meningkatkan risikonya. Kateter atau tabung (dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk pembuangan urine) juga mengundang mikroba untuk berkembang dan dapat menyebabkan infeksi. Wanita hamil berisiko selama beberapa bulan pertama.

Pengobatan ISK dilakukan melalui antibiotik dan antimikroba. Durasi pengobatan tergantung pada tingkat keparahan infeksi, yaitu 2-4 hari untuk infeksi normal sementara sekitar 6 bulan atau lebih untuk infeksi rekuren.

Minum banyak air, mengubah kebiasaan buang air kecil dan kebersihan yang tepat juga penting untuk menghindari infeksi. Karena, resistensi antibiotik meningkat dan seringkali antibiotik menyebabkan banyak efek samping (alergi, diare, muntah dll), kebutuhan akan alternatif alami dirasakan.

6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih


  • Apa itu kunyit

Kunyit adalah bumbu terkenal dari dunia lama. Curcuma longa atau kunyit adalah batang bawah tanah yang dimodifikasi (rimpang) milik keluarga Zingiberaceae. Ini telah digunakan sebagai agen penyedap rasa dan pewarna dalam berbagai masakan dunia, khususnya Asia. Ini juga merupakan unsur penting dari obat tradisional.

Kunyit dikenal dengan sejumlah khasiat obat seperti antimikroba, antiinflamasi, antioksidan, stimulasi kekebalan tubuh dll. Sifat ini ditimbulkan pada kunyit oleh berbagai senyawa biologis.

Senyawa ini termasuk curcuminoids, vitamin (B & C), Sodium, Kalium, Besi, protein, asam α-linolenat, minyak atsiri dll. Curcumin adalah salah satu zat bioaktif yang ada dalam kunyit yang telah mendapat banyak fokus dalam hal penelitian. Berhubungan dengan berbagai kondisi kesehatan.

6 Manfaat Kunyit pada Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sifat biologis, terutama aktivitas antimikroba kunyit diketahui sangat bermanfaat bila terjadi infeksi. Aktivitas lainnya menambah manfaat lebih lanjut

1.Turmerik memiliki tindakan anti-mikroba

Bakteri, terutama E. coli adalah penyebab paling umum infeksi saluran kemih. Mikroba ini mengatasi sistem pertahanan tubuh dan menginfeksi saluran kemih.

Bakteri lainnya termasuk spesies Staphylococcus, Pseudomonas aeruginosa dll Kunyit dikenal dengan aktivitas anti bakteri. Telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli dan Staphylococcus. Konstituen kunyit yang memiliki aktivitas anti bakteri ini adalah kurkumin dan minyak atsiri seperti, turmerone dan curlone. Senyawa ini menghambat pertumbuhan bakteri dengan merusak selaput sel bakteri, yang mengakibatkan kematian mereka.

Curcumin ditemukan untuk mencegah perakitan protein FtsZ (terlibat dalam pembelahan sel bakteri) yang menyebabkan penghambatan pertumbuhan. Virus (adenovirus, cytomegalovirus dll) dan jamur seperti Candida juga diketahui menyebabkan ISK. Kunyit memiliki aktivitas melawan patogen ini juga. Ini memiliki aktivitas anti-virus dan anti jamur yang signifikan.

2.Turmerik mencegah pertumbuhan uropatogen

Peran komunikasi sel ke sel merupakan aspek penting dari infeksi bakteri. Proses ini disebut sebagai quorum sensing. Penginderaan kuorum membantu bakteri mengubah ekspresi genetiknya untuk melepaskan faktor virulensi atau molekul yang membantu kolonisasi mereka pada inang. Dalam kasus ISK, penginderaan kuorum terlibat dalam infeksi oleh bakteri seperti, Pseudomonas aeruginosa. Selanjutnya mengarah pada pembentukan biofilm.

Faktor virulensi E. coli juga menyebabkan pembentukan biofilm. Kunyit memiliki aktivitas penginderaan anti-kuorum juga. Curcumin telah ditemukan mengganggu sistem penginderaan kuorum dari patogen dalam ISK. Ini mengganggu biofilm dan mencegah kolonisasi lebih lanjut dari patogen ini di saluran kemih. Curcumin juga telah terbukti bekerja secara sinergi dengan antibiotik untuk menghancurkan biofilm secara lebih efektif.

3.Turmerik bisa menekan peradangan

Infeksi saluran kemih sering menyebabkan radang pada ginjal atau kandung kemih yang selanjutnya menyebabkan rasa sakit. Sistitis (radang kandung kemih) adalah salah satu respons pro-inflamasi yang umum terlihat pada infeksi ini. Kunyit adalah agen antiinflamasi yang manjur. Ini menekan respons pro-inflamasi dengan mengganggu banyak jalur metabolik yang terkait dengan respons ini.

Kunyit telah terbukti efektif melawan peradangan pada berbagai penyakit menular, termasuk ISK. Telah ditemukan untuk mengurangi ekspresi molekul pro-inflamasi di ginjal jika terjadi ISK, bersama dengan komponen lain dari formulasi Ayurvedic.

4.Turmerik dapat mencegah kambuhnya ISK

Kekambuhan ISK umum terjadi pada pasien infeksi ini, setinggi 25% di antara individu yang terinfeksi.

Penyebab kambuh dapat mendominasi gen faktor virulensi, pembentukan biofilm, resistensi antimikroba, strain yang resistan terhadap banyak jenis obat, kunyah juga mampu mencegah kekambuhan ISK.

Dalam sebuah penelitian, curcumin ditemukan efektif dalam mencegah kambuh ISK pada wanita pascamenopause, bila digunakan dengan terapi lain. Ini juga mengurangi gejala infeksi. Kombinasi berbagai khasiat kunyit, seperti tindakan antimikroba dan aksi pembentukan biofilm aginst, menunjukkan efek ini.

5.Turmerik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Respon kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan kritis terhadap infeksi. Ini membantu menangkal faktor-faktor asing seperti patogen yang dapat mempengaruhi tubuh secara negatif.

Dalam kasus ISK juga, mekanisme pertahanan melawan uropatogen dikompromikan yang menyebabkan terjadinya infeksi. Kunyit memiliki khasiat stimulasi sistem kekebalan tubuh yang dilakukan oleh kurkumin dan fraksi polisakarida.

Senyawa ini menunjukkan aktivitas ini dengan menekan ekspresi berbagai molekul sistem kekebalan tubuh sambil mengaktifkan ekspresi beberapa orang lainnya. Curcumin ditemukan untuk meningkatkan respon antibodi yang membantu dalam mencegah infeksi melalui interaksi antigen antibodi.

6.Turmerik memiliki tindakan renoprotektif

Kelainan ginjal adalah aspek utama UTI yang mengancam jiwa. ISK dapat menyebabkan infeksi pada ginjal dan dapat menyebabkan luka pada jaringan. Ini mempengaruhi fungsi ginjal dan juga bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Infeksi saluran kemih menyebabkan stres oksidatif yang berperan dalam menyebabkan kerusakan pada jaringan ginjal. Kunyit juga bisa menutupi aspek UTI ini. Curcumin diketahui memiliki tindakan renoprotektif. Tindakan antioksidan kurkumin dapat mengurangi stres oksidatif yang terkait dengan luka ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor, termasuk infeksi. Ini membantu dalam mencegah jaringan ginjal melawan kerusakan.

6 Manfaat kunyit untuk masalah infeksi saluran kemih

Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat