Home » » 10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya

10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya

Written By Infokesehatanid on Senin, 22 Februari 2016 | 21.02.00

10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya

10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya Oleh Arif Ramadhan

Info kesehatan - Anda pernah bintitan? Banyak rumor beredar di masyarakat bahwa mata bintitan diakibatkan sering ngintip, padahal nyatanya mata bintitan dikarena kan sebab-sebab medis yang bisa disembuhkan. Ada juga bintit mata yang sembuh dengan sendirinya. Mata merupakan organ terpenting di bagian kepala, berfungsi untuk melihat objek di lingkungan, tanpa mata dunia tidak akan berwarna. Namun sayangnya beberapa orang justru tidak menggunakan kenikmatan mata yang diberikan sang pencipta dengan baik, Banyak orang yang mengeluhkan sakit mata, termasuk mata bintittan, nah dalam artikel ini yuk kita cari tahu apa saja si penyakit mata yang sering terjadi.

10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya

 

Obat Herbal Penyakit Mata paling ampuh memberikan nutrisi untuk mata, menjaga kesehatan mata dan merawat mata secara alami arrow Iklan oleh Infid info

✥ Bintittan 
Mata bintit diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti mata terkena debu sehingga mata menjadi kotor dan membuat mata bintit memerah, di gigit semut atau hewan kecil lainnya juga akan membuat mata menjadi bintit, Cara menyembuhkan mata bintit seperti ini anda bisa menggunakan tetes mata, dalam waktu tiga hari biasanya mata akan normal kembali. Jika mata anda tidak sembuh lebih dari satu minggu sebaiknya anda memeriksakan mata anda ke dokter.

✥ Degenerasi Makula
Merupakan penyakit mata yang sering terjadi pada orang diatas usia 30 tahun, dimana penglihatan mereka kabur dan tidak jelas, hal ini juga disebabkan oleh faktror kebiasaan hidup yang kurang sehat, makanan yang kurang bergizi dan diakibatkan oleh rokok. Untuk mencegah Degeneraasi makula anda bisa rutin mengkonsumsi buah dan sayur, karena dalam buah dan sayur mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa membantu membantu menjaga kesehatan mata anda. anda bisa dapatkan kedua zat tersebut dari bayam, pepaya, atau kuning telur.

✥ Miopi 
Miopi adalah penyakit mata yang sering terjadi pada pelajar, dimana dia tidak bisa melihat dengan jelas dari jarak jauh, lawannya adalah hipermetropi adalah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat benda dari jarak dekat. Untuk mengurangi dan melakukan proses penyempuhan penyakit ini bisa menggunakan kacamata, dan rutin berkonsultasi bersama dokter.

✥ Presbiopi
Penyakit ini biasanya terjadi pada lansia, yaitu keadaan mata yang tidak bisa melihat benda dekat dan jauh secara jelas. Orang yang menderita presbiopi bisa menggunakan kaca mata rangkap agar penglihatanya normal.

✥ Rabuh Senja
Rabun senja merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin A sehingga menyebabkan penderita tidak bisa melihat dikala sore dan malam hari. Untuk mencegah penyakit inianda sebaiknya mengkonsumi makanan yang banyak mengandung vitamin A, Vitamin A akan menjaga kesehatan mata dan juga merupakan antioksidan yang berguna untuk memutihkan wajah secara alami.

✥ Buta warna
Seseorang yang mengalami buta warna memiliki kondisi mata yang normal, namun tidak dapat membedakan warna dan semua warna terlihat sama, yang bisa dilihat hanya putih, abu-abu dan hitam, Buta warna biasanya adalah penyakit turunan bawaan.

✥ Katarak
Salah satu penyakit mata dari 10 Penyakit mata dan tips menyembuhkannya adalah katarak, diaman kondisi penderita katarak mengalami penebalan lensa mata hingga menyebabkan penglihatannya menjadi buram, hal ini sering terjadi pada lansia dan beberapa terjadi pada usia 45 tahun keatas.

Trakoma
Merupakan penyakit mata menular yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang menyebabkan mata memerah, bintitan, dan kotor, kelenjar getah bening pada mata juga bisa terjadi karena bakteri ini. Sanitasi lingkungan yang buruk akan menyebabkan bakteri ini mudah berkembang biak. Untuk mencegan penyakit ini anda harus menjaga lingkungan sekitar tetap besih dan sehat, mencuci peralatan rumah tangga dengan air bersih. Mengindari debu kotor dan menjaga kebersihan makanan yang anda konsumsi.

Selulitis Orbitalis
Adalah peradangan pada area sekitar bola mata yang disebakan karena mata cedera pada anak-anak sering terjadi penyakti ini, yang mengakibatkan mata memerah, sakit, kelopak mata bengkak dan demam. Untuk mengatasinya bisa diberikan antibiotik khusus untuk mata jika memang gejalanya masih ringan, namun jika gejalanya parah sebaiknya segera periksakan ke dokter terdekat.

Ulkus Kornea
Merupakan penyakit mata yang terjadi karena jamur, virus atau bakteri yang masuk kedalam mata, Masuknya pirus bisa dengan cara kelilipan atau tertusuk benda asing, sehingga menyababkan mata mereh, nyeri, gatal dan berair. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan pemeriksaan secara langsung kepada dokter terdekat.

Untuk menjaga kesehatan mata anda, sebaiknya anda memperbanyak konsumsi makanan di bawah ini.

  1. Wortel sangat berguna untuk menjaga keshatan mata, kandungan vitamin A pada wortel akan mambantu menjaga kesehatan mata anda.
  2. Mengawali sarapan dengan telur akan membantu menjarnihkan penglihatan anda, protein yang terdapat didalam telur akan membantu menjaga kesehatan lensa mata anda.
  3. Konsumsi susu sebelum tidur juga akan membantu memperbaiki kesehatan mata anda, sama kandungan vitamin dan protein dalam susu akan membantu menjaga kesehatan mata.
  4. Ikan tuna dan salmon faktanya bisa membantu menjaga kesehatan mata, hal ini dibuktikan mahasiswa kesehatan jurusan gizi dari tasikmalaya, dan hasilnya memang sanagt memuaskan. Dengan mengkonsumsi tuna dan salmon secara teratur akan mambuat mata menjadi jernih.
  5. Kacang-kacangan merupakan makanan sehat selanjauatnya untuk mata anda, kacang mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menajaga mata sehat sampai usia senja. anda bisa konsumsi almond atau kacang tanah.
  6. Alpukat buah kesehatan no satu dengan seribu manfaat didalamnya akan membantu menjaga kesehatan mata anda, kandungan lutein dalam alpukat akan mebantu menjernihkan penglihatan dan mencegah risiko terkena katarak.
  7. Cokelat hitam yang mengandung flaovonoid dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan mata dengan cara melancarkan sirkulasi darah menuju mata.
  8. Sayuran hijau yanbg mengandung banyak nutrisi bisa anda jadikan alternatif untuk menjaga kesehatan mata secara alami.

Hindari hal berikut agar mata anda tetap sehat.

  1. Debu dan polusi dapat menyebabkan mata anda kotor dan merah, sebaiknya anda tidak duduk di area yang banyak debu, karena dapat mengganggu kesehatan mata.
  2. Hindari sesuatu yang bisa menusuk mata anda walaun secara pelan, biasanya hal ini terjadi karena bermain-main dan sering terjadi pada anak kecil.
  3. Asap akan mebuat mata perih dan kotor, menghindari rokok akan sangat baik untuk kesehatan mata anda.
  4. Jangan memandang kearah cahaya dengan mata kosong, ini akan mengakibatkan mata kesilauan sehingga akan mebuat mata menjadi kabur dan gelap.
  5. Terlalu lama memandang smartphone dan komputer tanapa berkedip akan membuat mata menjadi tegang dan kelelahan.
  6. Jangan sentuh mata dengan tangan kotor agar tidak ada bakteri  yang masuk kedalam mata.
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat