Home » » Alasan Mengapa Ngemil Malam Hari Dilarang?!!

Alasan Mengapa Ngemil Malam Hari Dilarang?!!

Written By hany rahman on Rabu, 27 Maret 2013 | 22.55.00


Info KesehatanAnda sering ngemil malam hari? Sebaiknya berhenti! Menurut hasil penelitian terbaru, ngemil di malam hari hanya akan membuat Anda semakin gemuk dibandingkan ngemil di siang hari. Studi ini menemukan bahwa tubuh ternyata lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak di malam hari. Sementara itu, makanan cenderung diubah menjadi bahan bakar pada siang hari.

Menurut para ilmuwan yang melakukan uji coba pada tikus, kemampuan tikus untuk mengatur gula darahnya tercatat bervariasi sepanjang hari. Selain itu, bila jam sirkadian terganggu bisa menyebabkan timbunan lemak berlebihan. Temuan ini bisa menjelaskan mengapa pekerja shift malam lebih rentan terhadap diabetes dan obesitas, menurut para peneliti.

“Mengacaukan jam biologis Anda akan mengakibatkan gangguan metabolisme, sehingga ada kecenderungan untuk lebih menumpuk lemak, bahkan dengan jumlah asupan yang sama dari kalori atau pola makan,” ujar rekan penulis studi Carl Johnson, seorang chronobiologist di Vanderbilt University. “Ini tidak hanya sekadar apa yang Anda makan, tetapi kapan waktu Anda makan juga penting,” kata Johnson seperti dikutip Zeenews.com.

Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa para pekerja shift malam cenderung menambah berat badan berlebih dan lebih cenderung terkena diabetes. Peneliti menduga jam sirkadian ini memainkan peran di balik menumpuknya lemak, meski bagaimana prosesnya masih misteri. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Current Biology.

Sumber : vemale.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat