Home » » Gejala Cacingan pada Bayi

Gejala Cacingan pada Bayi

Written By hany rahman on Selasa, 28 Mei 2013 | 18.10.00


Info Kesehatan - Biasanya cacingan terjadi pada orang dewasa. Namun tidak jarang, cacingan pun menyerang bayi berusia 0 bulan-1 tahun.

Mengenali gejala cacingan pada bayi mungkin tidaklah mudah. Namun, Anda dapat menandainya dengan beberapa gejala yang ditimbulkan. dr. Edy Jo, Sp.A(K) menerangkan ada berbagai tanda dan gejala yang terjadi pada bayi yang mengalami cacingan dan itu hampir sama dengan anak-anak dan orang dewasa, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

> Bayi akan tampak lesu, lemah, lemas dan terlihat pucat atau mengalami anemia. Hal tersebut disebabkan cacing pada bayi yang bersifat parasit mengisap darah yang ada pada pembuluh darah bayi. Cacing yang mengisap darah tersebut adalah cacing tambang dan cacing cambuk.

> Ciri bayi cacingan yang sangat khas adalah berbadan kurus dan terlihat seperti bayi kurang gizi. Hal itu disebabkan adanya cacing ascaris yang menyerap nutrisi makanan. Ciri ini pun bisa dilihat dari grafik KMS (Kartu menuju Sehat) bayi yang kurang bagus atau didapatkan kekurangan gizi.

> Bayi rewel dan terlihat tidak nyaman. Kemungkinan besar penyebab ketidaknyamanan bayi terdapat pada duburnya atau terasa gatal namun tidak bisa menggaruknya. Dubur yang gatal bisa dijadikan salah satu gejala cacingan.

> Batuk berkepanjangan. Hal ini harus diwaspadai, karena dapat terjadi apabila cacing pada bayi telah menginfeksi paru-paru bayi, sehingga mengganggu sistem pernapasan bayi.

> Gangguan pada lambung dan saluran cerna, seperti diare dan susah buang air besar. Hal tersebut terjadi karena cacing pada bayi telah mengganggu metabolisme pencernaan bayi.


Sumber: okezone.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat