Home » » 5 Nutrisi Ini Yang Sering Diabaikan

5 Nutrisi Ini Yang Sering Diabaikan

Written By hany rahman on Minggu, 19 Mei 2013 | 17.50.00


Info Kesehatan - Apakah Anda merasa benar-benar bugar setiap hari? Jika tidak, kemungkinan Anda telah mengabaikan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Tubuh manusia memerlukan berbagai macam nutrisi dan mineral untuk membuatnya tetap bekerja dengan baik dan optimal. Banyak orang berusaha memenuhi kalsium, zat besi, vitamin C, atau potasium. Namun apakah hanya itu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh? Jawabannya tidak.

Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang seringkali diabaikan oleh orang dan tidak terpenuhi, seperti dilansir oleh She Knows.

1. Magnesium
Magnesium membantu tubuh untuk mendapatkan energi dan sangat penting bagi kesehatan kardiovaskular. Magnesium membantu memecah kalsium dalam tubuh. Meski kalsium memang sangat dibutuhkan tubuh, namun kalsium tak bisa diserap dan dipecah dengan baik jika tidak didukung oleh magnesium. Magnesium bisa mencegah osteoporosis, menjaga tekanan darah, mengatasi insomnia, depresi, dan diabetes. Makanan yang mengandung magnesium antara lain adalah bubuk kokoa, biji bunga matahari, kacang, buncis, bayam, oatmeal, dan lainnya.

2. Vitamin B6
Vitamin B6 membantu tubuh menjaga fungsi saraf dan membantu pembentukan sel darah merah. Vitamin ini bisa membantu tubuh menjaga kadar gula dalam darah dan memiliki peran dalam mengontrol kualitas tidur dan nafsu makan. Jika Anda merasa sering bingung atau mudah marah, cobalah untuk menambah asupan B6 setiap hari. Makanan yang mengandung B6 antara lain adalah daging sapi, daging ayam, ayam kalkun, ketela pohon, pisang, dan bawang putih.

3. Vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, kelelahan, penurunan berat badan, depresi, dan ingatan yang buruk. Hal ini karena vitamin B12 membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang bertanggung jawab memberikan energi. Vitamin ini juga membantu mengontrol sistem saraf dan membuat kulit dan rambut tampak segar. Tak hanya itu, vitamin B12 juga menjaga tubuh dari kemungkinan kanker paru-paru, kanker payudara, dan prostat. Vitamin B12 terdapat pada beberapa makanan antara lain ikan, kepiting, daging sapi, keju, telur, susu, yogurt, dan tiram.

4. Asam folat
Jika Anda tak cukup mengonsumsi buah dan sayur, kemungkinan besar Anda akan kekurangan asam folat. Beberapa gejala kekurangan asam folat adalah anemia yang bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, lidah yang terasa pahit, dan susah konsentrasi. Asam folat menjaga otak agar tetap muda, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah kanker usus besar. Beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, stroberi, tomat, jamur, ikan, telur, daging ayam.

5. Vitamin E
Meski kebutuhan vitamin E manusia dalam sehari hanya 15 miligram, kebanyakan orang tidak mencukupinya. Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu menurunkan risiko kanker. Vitamin E juga bisa menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin E juga bagus untuk mata, dan bahkan mencegah penyakit otak seperti Alzheimer. Vitamin E bisa didapatkan melalui buah alpukat, almond, biji bunga matahari, bayam, kale, minyak atau buah zaitun, dan lainnya.

Itulah beberapa jenis nutrisi yang mungkin juga seringkali Anda lewatkan. Selain memenuhi nutrisi pokok, jangan lupakan nutrisi lain yang juga penting untuk kesehatan tubuh.


Sumber: merdeka.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat