Home » » Tips Mendeteksi Penyakit dari Tangan dan Kuku

Tips Mendeteksi Penyakit dari Tangan dan Kuku

Written By hany rahman on Senin, 22 April 2013 | 18.41.00


Info Kesehatan - Jika sebelumnya pernah ada penelitian mengenai beberapa penyakit yang bisa dilihat dari kuku, kali ini pendiri Eleven Eleven Wellness Center, Frank Lipman, MD di New York menyebutkan kalau deteksi penyakit juga bisa dilihat dari tangan, dan telapak tangan. 

Dikutip dari Sparkpeople berikut ini yang perlu Anda perhatikan jika tangan Anda berubah warna atau bengkak.

Tangan
Ketika Anda melihat tangan Anda kebiruan dan menjadi bengkak, hal ini biasanya dikarenakan pemakaian antibiotik, cuaca panas dan pramenstruasi (PMS). Jika bengkak tidak mereda setelah beberapa hari, Anda perlu banyak minum karena bisa jadi itu adalah tanda dari masalah ginjal, hati, tiroid atau jantung.

Kebanyakan wanita, biasanya memiliki penyakit Raynaud, suatu kondisi yang disebabkan oleh stres atau suhu dingin yang menyebabkan ujung jari, telinga, hidung atau kaki berwarna kebiruan. Biasanya itu hanya gangguan, tetapi jika Anda ragu mungkin mendiskusikan dengan dokter Anda lebih baik.

Kuku
Jika kuku retak, terkelupas dan mudah patah, mungkin bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin B. Coba perbanyak makan ikan, unggas, daging, telur, susu dan sayuran hijau berdaun. Jika kulit di bawah kuku berwarna putih, Anda mungkin memiliki anemia atau kekurangan zat besi. Tambahkan makanan yang kaya zat besi seperti bayam, daging merah tanpa lemak dan kacang-kacangan.

Jika salah satu kuku terlihat memar, dan tidak hilang beberapa hari, ada kemungkinan Anda terkena melanoma (kanker kulit). Tidak perlu khawatir jika ada noda kecil pada kuku. Ini muncul ketika Anda melukai akar. Jangan terkejut jika Anda tidak dapat mengingat kuku tumbuh hanya sepersepuluh dari satu inci per bulan.

Telapak tangan
Jika telapak tangan Anda berwarna kekuningan, maka hal ini pertanda kalau Anda perlu sayuran yang mengandung karoten seperti wortel, ubi jalar dan labu musim dingin. Tapi jika telapak tangan berwarna kemerahan dan terasa gatal atau membakar mungkin ini adalah eksim, penyakit kulit yang sangat umum. 

Penggunaan air, pembersih rumah tangga dan sabun yang tidak cocok bisa memperburuk penyakit ini. Gunakan sarung tangan saat Anda membersihkan dan jangan lupa untuk melembabkan tangan dengan lotion bebas wewangian setelah mencuci.


Sumber: liputan6.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat