Home » » Duduk Terlalu Lama Picu Serangan Jantung

Duduk Terlalu Lama Picu Serangan Jantung

Written By hany rahman on Minggu, 28 April 2013 | 19.54.00


Info Kesehatan - Bepergian adalah hal yang mengasyikkan. Anda bisa menikmati serunya perjalanan ketika di kendaraan. Namun dibalik serunya bepergian ada hal yang dapat mengancam nyawa Anda. Terlebih jik duduk terlalu lama di perjalanan. Anda bisa terkena serangan jantung? Tidak percaya? Simak ulasan selengkapnya yang dilansir healthmeup.

Apa hubungan antara jam perjalanan panjang dan pembekuan darah?

"Duduk di posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah di kaki yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati pada waktunya," kata Dr Anil Bansal, Kardiolog Interventional, dari Columbia Hospital Asia.

Deep Vein Thrombosis (DVT), adalah adalah terbentuknya bekuan darah (trombus) pada vena dalam, biasanya di tungkai. DVT sendiri disebabkan dari berbagai faktor seperti terlalu lama duduk atua tidur sehingga memperlambat aliran darah melalui pembuluh darah.

Yang membahayakan ketika gumpalan darah bisa lepas dari asalnya lalu bergerak mengikuti sirkulasi darah, sehingga dapat menyebabkan kerusakan di organ lain seperti paru-paru, jantung atau otak.

Jika sampai pada paru-paru disebut emboli paru, yakni penyumbatan arteri utama dari paru-paru. Penyumbatan ini yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah atau aliran oksigen melalui paru-paru dapat menyebabkan serangan jantung.

"Jika duduk terlalu lama hal ini menghambat sirkulasi darah. Jika darah berkumpul di satu tempat di kaki, trombosit cenderung menempel satu sama lain, membentuk bekuan, "jelas Dr Bansal.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2007, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang meneliti bahaya dari sebuah perjalanan, menemukan bahwa risiko terjadinya pembekuan sekitar dua kali lipat jika Anda melakukan perjalanan selama empat jam atau lebih.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, berikut tips untuk ketika Anda bepergian selama beberapa jam :

1.Bila bepergian, secara rutin gerakan kaki ke atas dan ke bawah terutama pada sendi pergelangan kaki. Hal ini mendorong aliran darah dan mencegah stagnasi.
2. Berdiri dari kursi Anda dan renggangkan kaki setiap 30 menit, atau jika Anda mengemudi di perjalanan panjang jarak jauh, sering-seringlah menginjak rem.
3. Jaga diri Anda dalam perjalanan untuk mencegah dehidrasi dengan minum banyak air.
4. Bagi orang-orang, yang sudah memiliki masalah dengan jantung, mereka harus kontrol ke dokter sebelum bepergian dan pastikan mereka membawa obat-obatan yang dibutuhkan.

Pastikan tubuh Anda tetap bergerak meski sedang dalam perjalanan untuk mencegah pembekuan darah.
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat