Home » » Berat Badan Bertambah Ketika Usia Bertambah. Kenapa?

Berat Badan Bertambah Ketika Usia Bertambah. Kenapa?

Written By hany rahman on Minggu, 07 April 2013 | 19.57.00

Info Kesehatan - Apakah benar jika Anda mengonsumsi jumlah makanan dengan porsi yang sama, Anda akan menjadi lebih gemuk ketika bertambah tua? Sayangnya, iya. Selain muncul keriput, pertambahan usia akan membawa perubahan pada tubuh Anda dan bertambahnya berat badan adalah salah satunya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pada awal usia 40-an, Anda akan kehilangan ¼ sampai 1 kg otot Anda dan secara alami mendapatkan ½ kg lemak setiap tahunnya. Semakin banyak otot yang hilang, semakin lambat metabolisme Anda dan semakin lambat juga pembakaran kalori di dalam tubuh Anda. Tubuh yang pernah Anda miliki di usia 20-an akan menjadi berbeda dengan tubuh yang Anda miliki di usia ini.

Masalah pada persendian juga mulai muncul. Tanpa memilih latihan yang tepat, Anda akan menderita rasa sakit yang lebih besar lagi. Beberapa dari Anda mungkin memutuskan untuk menjadi kurang aktif. Nah, dengan minimnya aktivitas fisik dan menghabiskan waktu tanpa banyak bergerak, maka tubuh akan membakar kalori lebih sedikit.

Lebih parahnya lagi, beberapa dari Anda makan makanan dengan jumlah yang sama bahkan lebih dari yang Anda makan sewaktu muda dulu. Untuk memberikan gambaran yang lebih baik dalam hal ini, misalnya, ketika Anda berusia 40 tahun, Anda harus makan 2200 kalori per hari.

Saat Anda 50 tahun, dengan asumsi bahwa Anda hanya perlu 2000 kalori per hari, tapi Anda masih makan 2200 kalori per hari. Anda akan makan 200 kalori tambahan per harinya. Nah, kelebihan asupan kalori ini dapat menjadi penyebab timbunan lemak dalam tubuh Anda. Lalu bisakah Anda mengatasi hal ini? Tentu bisa. Kenaikan berat badan adalah sesuatu yang Anda dapat dihindari bahkan meski Anda bertambah tua. Berikut adalah strateginya:

Olahraga teratur
Cobalah jogging, berenang, bersepeda, atau apapun yang membuat diri Anda tetap aktif bergerak. Jika Anda masih muda, mulailah berlatih sekarang. Buat hal ini menjadi kebiasaan Anda. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Bangkitlah dari tempat duduk Anda dan lakukanlah pekerjaan rumah, seperti menyedot debu atau berkebun.

Lakukan latihan angkat beban untuk mempertahankan massa otot Anda saat ini, dan diharapkan dapat menambah sedikit lebih banyak lagi. Anda perlu memiliki beberapa otot untuk membantu Anda membakar kalori. Selain itu, jika Anda kehilangan massa otot, Anda akan kehilangan kekuatan dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti naik-turun tangga, berjalan atau bahkan bangkit dari kursi.

Makan sehat
Ketika Anda bertambah tua, Anda perlu makan lebih sedikit setiap kali makan dan membagi 3 makan besar menjadi 5-6 makan porsi kecil per hari. Kurangi konsumsi makanan berminyak atau digoreng. Hindari makanan cepat saji dan gantilah dengan makanan alami seperti buah dan sayuran.

Semoga dengan mengetahui strategi di atas, Anda lebih matang dan bijaksana seiring bertambahnya usia, sekaligus tetap sehat dan bugar di usia tua.


Sumber: duniafitnes.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat