Home » » Kardiak Aritmia: Kelainan Jantung Yang Mengancam Nyawa

Kardiak Aritmia: Kelainan Jantung Yang Mengancam Nyawa

Written By hany rahman on Minggu, 31 Maret 2013 | 18.34.00


Info Kesehatan - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Berdasarkan data dari WHO, sekitar 30,5 persen kematian warga dunia dan 30 persen penyumbang kematian di Indonesia dipicu oleh penyakit jantung.

Dr Reginald Liew, dokter spesialis ahli jantung dari The Harley Street Clinic pun membagi pengetahuan tentang penyakit jantung dalam acara Ngobrol Santai bersama Dr Reginald Liew. Acara tersebut tepatnya bertempat di The Cascade Lounge, Hotel Mulia Jakarta. Dr Liew lebih fokus membahas tentang kardiak aritmia, keabnormalan denyut jantung yang disebabkan adanya gangguan pada sistem elektrik jantung.

Penderita kardiak aritmia biasanya akan memiliki denyut jantung yang terlalu cepat atau lambat. Gejala lainnya adalah pusing, letih, napas pendek, dan bisa kehilangan kesadaran.

"Beberapa orang lahir dengan kondisi jantung yang tidak normal seperti lubang pada jantung atau hubungan elektrikal berlebih pada jantung mereka, yang dapat menyebabkan aritmia. Sementara orang lain, pada suatu tahap dalam hidup mereka mengalami masalah jantung, seperti serangan jantung atau gagal jantung, yang juga dapat menyebabkan aritmia," terang Dr Liew, seperti yang dikutip dari press release yang beredar.

Menurut dokter yang pernah ditunjuk sebagai Penasehat Ahli Jantung di Pusat Jantung Nasional Singapura (The National Heart Centre Singapore/NHCS) ini, menjalani gaya hidup sehat merupakan kunci pencegahan dari berbagai jenis penyakit, termasuk masalah jantung dan aritmia.

Jika seseorang mengalami palpitasi, gejala yang harus diperhatikan adalah rasa pusing atau kehilangan kesadaran. Faktor berbahaya lain yang berhubungan dengan masalah denyut jantung adalah pertambahan usia, penyakit jantung sebelumnya (penyakit jantung koroner atau gagal jantung), atau jika memiliki keluarga dekat yang tiba-tiba meninggal di usia muda. Itulah sebabnya kenapa kardiak aritmia termasuk sebagai kelainan jantung yang harus diwaspadai, karena kondisinya memang mengancam nyawa.

"Pencegahan penyakit jantung ini pada dasarnya adalah menjalani pola hidup sehat, seperti olaharaga, diet, mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam, menghindari kafein dan stres, serta rajin melakukan pemeriksaan kesehatan," tandas Dr Liew.


Sumber: merdeka.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat