Home » , » Bahaya Garam Dapur Bagi Kesehatan

Bahaya Garam Dapur Bagi Kesehatan

Written By hany rahman on Rabu, 06 Maret 2013 | 22.15.00

Bahaya Garam Dapur Bagi Kesehatan 



Info Kesehatan - Sejak ribuan tahun yang lalu garam telah digunakan sebagai bahan penyedap masakan maupun sebagai bahan pengawet makanan. Tanpa garam masakan itu rasanya hambar. Namun hati-hati, kenikmatan makanan dengan garam itu bisa menimbulkan berbagai penyakit. 

Mengkonsumsi garam secara berlebihan itu ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. WHO menetapkan cukup dengan 5 gram dalam sehari. Di negara lain seperti Singapura, Amerika Serikat, dan 11 negara Eropa sudah melakukan gerakan penurunan pada konsumsi garam. Perlu kita ketahui bersama bahwa tidak setiap kenaikan tekanan darah diatas 120/80 Hg pasti menderita darah tinggi atau hipertensi. Ketentuan pada WHO (World Health Organization), tensi 140/90 tergolong masih normal atas (high normal), baru setelah diatas dari itu diklasifikasikan hipertensi. 

Mengapa garam menjadi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan? Karena dalam kandungan garam dapur itu mempunyai nama keren Natrium Klorida atau NACI. Sebenarnya, unsur dari natrium itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena berfungsi sebagai menukar pada zat makanan lama dengan yang baru. Lancar atau tidaknya pertukaran sisa makanan di dalam tubuh, tergantung pada kadar natrium di dalam sel. 

Jika ingin sehat, kurangi konsumsi pada garam. Untuk mengurangi pemakaian pada garam dalam masakan awalnya sih memang terasa berat, makanan terasa hambar, ataupun badan menjadi lemas, dan masih banyak keluhan lain yang tidak mendasar. Padahal, tanpa mengkonsumsi garam dapur pun orang tidak akan kekurangan garam. Karena, garam alami bisa didapatkan dari bahan makanan yang lain diantaranya dari sayur-sayuran dan hasil laut. 

Dengan soal rasa anda tidak perlu resah. Meski makanan tanpa garam, dijamin masakan anda tak kalah sedapnya. Cobalah memberanikan diri memakai bumbu masak yang beraromanya tajam (banyak memakai rempah-rempah seperti pedas), juga citarasa yang menyegarkan dengan tambahn jeruk nipis. Dan selain itu, sebaiknya kurangi juga konsumsi fast food dan makanan yang diawetkan. 

Nah, setelah anda menimbang untung ruginya dalam mengkonsumsi graam, sepatutnya jangan lengah terhadap penggunaan garam. (berbagai sumber)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

28 Maret 2016 04.23

yang perlu diperhatikan bukan hanya pemakaian garam bagi orang dewasa, penggunaan garam pada si kecil juga harus diperhatikan. Seperti MPASI boleh atau tidak menggunakan garam, disini dijelaskan aturan untuk penggunaan garam bagi sikecil.

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat