Home » » Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Kb Suntik

Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Kb Suntik

Written By Andrian Romadhoni on Kamis, 15 September 2016 | 20.34.00

Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Kb Suntik

Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Kb Suntik ,- Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya.
Suntik KB 3 Bulan

Suntik KB 3 bulan bisa disuntikkan ke bokong atau di lengan atas. Ada juga yang disuntikkan ke lapisan kulit di area perut atau paha atas. Suntikan KB 3 bulan mencegah kehamilan dengan melepaskan hormon progestin ke dalam pembuluh darah.
Progestin adalah hormon yang serupa dengan progesteron, yaitu hormon yang diproduksi ovarium. Progestin dalam suntik KB 3 bulan bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim sehingga mencegah terjadinya pembuahan. Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim.

Kelebihan suntik KB 3 bulan :

  1. Tidak berinteraksi dengan obat-obatan lain.
  2. Relatif aman untuk ibu menyusui
  3. Bermanfaat bagi wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen.
  4. Tidak perlu repot mengingat untuk mengonsumsi pil kontrasepsi setiap hari.
  5. Tidak perlu berhitung lebih dulu saat berhubungan seksual. Bergantung jenisnya, suntikan dapat bertahan hingga 8 – 13 minggu.
  6. Jika ingin berhenti, tak perlu repot harus ke dokter, cukup hentikan saja pemakaiannya.
  7. Dapat memberikan perlindungan terhadap kanker rahim dan penyakit radang panggul.

Kekurangan suntik KB 3 bulan:

  • Dapat mendatangkan efek samping berupa sakit kepala, kenaikan berat badan, payudara nyeri, pendarahan, dan menstruasi tidak teratur. Efek ini bisa terus terasa selama jangka waktu penyuntikan berlangsung karena kandungan suntikannya akan terus berada dalam tubuh.
  • Bisa memakan waktu hingga setahun setelah dihentikan jika ingin kembali subur. Hal ini membuat kontrasepsi jenis ini tidak dianjurkan untuk mereka yang ingin segera memiliki anak.
    Suntikan ini diduga dapat sedikit mengurangi kepadatan tulang, namun akan segera kembali normal apabila injeksi dihentikan.
  • Kontrasepsi suntikan tidak memberikan perlindungan dari penyakit menular seksual sehingga perlu tetap menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Informasi Tentang Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Kb Suntik

Pasien: Saya sudah tiga tahun mengikuti program KB suntik 3 bulan, dok. Selama 3 tahun itu saya tidak merasakan haid sama sekali. Tapi setelah saya lepas KB selama 6 bulan itu kok saya masih belum haid juga, alhamdulillah memasuki bulan ke 7 akhirnya saya haid. Nah, yang ingin saya tanyakan kepada dokter, kenapa sampai saat ini saya kok belum hamil juga ya? Padahal sudah 15 bulan ini saya lepas alat KB.Dokter: KB suntik merupakan alat kontrasepsi model injeksi yang didalamnya mengandung zat hormon dengan tingkat pelepasan lamban ke dalam darah. Sehingga untuk menghilangkan efek atau pengaruh yang ditinggalkannya juga memerlukan waktu relatif lebih lama, sampai benar-benar hilang atau bersih, dan tingkat kesuburannya kembali normal atau seperti sebelum menggunakan kontrasepsi (pra KB). Pada umumnya, ovulasi akan kembali normal setelah 3 bulan KB suntik dihentikan. Namun kondisi pada beberapa wanita bisa berbeda, bisa 6 sampai 8 bulan, atau malah 2 tahun paska KB dihentikan, kondisi yang terakhir ini jarang terjadi.
Pada kondisi seperti ini, sebenarnya pola menstruasi sudah normal, mungkin efek kontrasepsi sudah hilang dari dalam tubuh. Sementara itu, untuk hamil kembali, mohon dicermati beberapa poin berikut ini:
Ovulasi, apakah menstruasi senantiasa diikuti oleh ovulasi atau tidak? Pengecekan ovulasi menjadi lebih mudah manakala siklus Bunda termasuk teratur, 28-30 hari sekali. Untuk pengecekan ovulasi ini, bisa dilakukan menjelang pertengahan siklus menggunakan berbagai cara, yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat tes ovulasi strip test.
Kesuburan suami. Tingkat kesuburan suami merupakan faktor penting dalam proses pembuahan. Bisa diketahui hanya dengan analisis sperma. Untuk penjelasan dan hasilnya, Bunda bisa melakukan pengecekan langsung dengan dokter spesialis. Jika hasil analisisnya menunjukkan kurang baik, maka faktor ini sebaiknya diselesaikan dulu.
Frekuensi berhubungan. Idealnya, untuk mendapatkan keturunan, disarankan agar melakukan hubungan intim 3 sampai 4 kali seminggu ketika masa subur. Semakin sering frekuensinya, maka peluang pembuahannya semakin besar.
Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan sebisa mungkin hindari makanan cepat saji dan makanan olahan, istirahat yang cukup juga bisa membantu meningkatkan peluang pembuahan. Atau Bunda bisa mengikuti instruksi yang terdapat dalam panduan cepat hamil disini . Jangan lupa untuk terus berdo'a, karena hanya Allah lah sebaik-baiknya tempat kita meminta pertolongan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat