Home » » Studi: Herbal Bisa Ganggu Pengobatan Kanker Payudara Anda

Studi: Herbal Bisa Ganggu Pengobatan Kanker Payudara Anda

Written By hany rahman on Minggu, 12 Mei 2013 | 18.44.00


Info Kesehatan - Pasien yang sedang menjalani perawatan kanker payudara terkadang mengombinasikannya dengan obat-obatan herbal. Ada baiknya pasien yang sedang menjalani pengobatan kanker payudara berpikir dua kali untuk menggunakan obat-obatan herbal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Breast Cancer Research and Treatment memperingatkan efek black cohosh pada obat-obatan yang digunakan pasien yang menjalani kemoterapi. Seperti dikutip chealth.canoe, kebanyakan wanita yang menjalani pengobatan merasakan gejala seperti menopause akibat obat-obatan antiestrogen. 

Sebenarnya, black cohosh selama bertahun-tahun digunakan pada wanita untuk meringankan gejala menopause. Kandungan tersebut banyak tersedia pada obat-obatan herbal tanpa resep, namun kebanyakan pasien tak memberitahu dokternya kalau mengonsuminya. Bagi wanita yang sedang menjalani pengobatan kanker payudara bisa berbahaya jika mengonsumsinya.

Pada penelitian yang dilakukan Yale University, peneliti menguji efek black cohosh pada sel kanker payudara di tikus. Peneliti menggunakan tiga ekstrak cair ramuan yang berbeda, dan semuanya tersedia di pasaran. Pertama, peneliti menguji efek masing-masing ekstrak terhadap sel kanker payudara yang tak diobati dan tak satu pun yang berbahaya. Ketika dites pada sel kanker yang sedang diobati dengan radiasi atau obat-obatan yang dikenal dengan 4-HC, ekstrak juga tak menunjukkan perubahan dalam efektivitas pengobatan.

Tapi, ketika digunakan pada sel kanker yang sudah diobati dengan kemoterapi, black cohosh mengubah efektivitas obat. "Data ini terdengar sebagai peringatan pada obat-obatan herbal yang digunakan pasien yang menjalani terapi kanker karena bisa berefek pada sel kanker dengan mengubah renspons agen yang umumnya digunakan untuk mengobati kanker".

"Studi kami memperingatkan kalau black cohosh tidak boleh dianggap sebagai herbal yang tak berbahaya yang tak penting bagi kesehatan pasien. Sampai efek black cohosh didefinisikan lebih baik, penggunaan herbal sejenis ini pada pasien kanker payudara harus dihindari".


Sumber: liputan6.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat