Home » » Penggunaan Ponsel Berlebihan Picu Bahaya Kesehatan

Penggunaan Ponsel Berlebihan Picu Bahaya Kesehatan

Written By hany rahman on Rabu, 15 Mei 2013 | 19.10.00

Info Kesehatan - Kita tentu sering mendengar tentang risiko kesehatan yang dipicu penggunaan ponsel yang berlebihan. Tak jarang, radiasi ponsel juga diduga dapat menyebabkan risiko kesehatan yang fatal seperti kanker.

Meskipun banyak ahli medis mengatakan bahwa tidak ada bukti konklusif dari fakta tersebut, ada penelitian yang menunjukkan bahwa radiasi ponsel memiliki efek kumulatif pada kesehatan manusia apabila digunakan secara berlebihan. Nah, berikut adalah risiko kesehatan yang dipicu penggunaan ponsel secara berlebihan, seperti dilansir Boldsky.

1. Sakit kepala 
Ponsel telah diidentifikasi sebagai pemicu sakit kepala sebelah atau migrain. Radiasi dari ponsel menimbulkan rasa berdengung di telinga yang pada akhirnya mengarah pada rasa nyeri di kepala.

2. Kelelahan 
Radiasi ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Ini akan membuat Anda merasa cepat lelah dan letih.

3. Gangguan Tidur 
Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan stres yang akhirnya mengganggu kenyamanan tidur. 

4. Kehilangan memori
frekuensi radiasi dari ponsel dapat mengganggu kemampuan otak untuk menyimpan informasi. Itu sebabnya, penggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkan kehilangan memori.

5. Infertilitas 
Kebanyakan pria kerap meletakkan ponsel di saku celana. Hal itu sangat berbahaya karena radiasi dan panas dari ponsel dapat membunuh sperma.

6. Reaksi toksik 
Radiasi ponsel dapat menghasilkan racun berbahaya yang mengalir ke otak sehingga menyebabkan reaksi toksik.

7. Masalah pendengaran
Menggunakan ponsel dengan volume suara yang tinggi selama berjam-jam dapat memberi tekanan pada gendang telinga. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan sakit telinga dan masalah pendengaran.

8. Kanker 
Radiasi ponsel tidak baik untuk tubuh karena itu mampu mendorong munculnya tumor dan pertumbuhan kanker. Namun, tidak ada cukup bukti yang menghubungkan penggunaan ponsel berlebihan dengan kanker secara langsung. Namun, para ilmuwan sedang melakukan penelitian mengenai hal ini.

9. Masalah emosional 
Nomophobia adalah jenis fobia baru yang menandai adanya rasa takut kehilangan atau berada jauh dari ponsel. Kecanduan ini bisa membuat Anda mengalami masalah emosional yang tidak stabil dan lebih senang berada di dunia maya ketimbang bersosialisasi di dunia nyata.

Inilah sembilan risiko kesehatan yang mengancam Anda apabila sering menggunakan ponsel secara berlebihan.

Sumber: merdeka.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Sponsored by: google | Maps | Vig Power Capsule | Slimming Capsule
Copyright © 2016. Info Kesehatan - All Rights Reserved | Disclaimer Ovary Nutrition Capsule
Template Created by Creating Website Published by Qnc Jelly Gamat
Proudly powered by Jelly Gamat